10 Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

10 Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Manfaat meditasi – Dikarenakan manfaat yang dimilikinya, aktivitas meditasi sudah diminati semenjak beberapa tahun belakangan ini. Kegiatan ini merupakan proses kebiasaan dalam melatih pikiran untuk selalu fokus dan rileks.

Anda bisa menggunakan meditasi sebagai alat untuk meningkatkan kepekaan terhadap diri sendiri maupun hal-hal yang ada di sekitar. Banyak orang juga percaya bahwa meditasi bisa menjadi salah satu jalan dalam menurunkan stres dan meningkatkan konsentrasi.

Para pelaku meditasi juga seringkali menggunakannya untuk mengembangkan kebiasaan dan perasaan positif lainnya, seperti memiliki mood yang baik, disiplin diri, kesehatan pola tidur, dan bahkan meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit.

Secara lebih lengkapnya, berikut adalah 10 manfaat meditasi untuk kesehatan yang bisa anda petik dari jika sudah meditasi secara teratur.

1. Mengurangi Stres

Mengurangi stres merupakan salah satu dari banyaknya alasan kenapa orang-orang mulai melakukan meditasi. Secara normal, stres mental dan fisik dapat meningkatkan kadar hormon stres kortisol.

Jenis hormon tersebut kemudian akan menciptakan berbagai macam efek stres berbahaya seperti melepaskan senyawa pendukung peradangan bernama sitokin. Efek ini pun akan mengganggu tidur anda, mempromosikan depresi, kecemasan, meningkatkan tekanan darah, hingga berkontribusi terhadap kelelahan dan kesulitan berpikir.

Untungnya, jenis meditasi yang disebut dengan “mindfulness meditation” dapat mengurangi respon peradangan yang disebabkan oleh stres. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 1300 orang dewasa sendiri telah memperlihatkan bahwa meditasi dapat mengurangi stres, terutama bagi mereka yang tengah menderita stres berat. Sumber 1.

Penelitian lainnya pun memperlihatkan bahwa meditasi juga mampu mengatasi beberapa gejala terkait stres termasuk sindrom iritasi usus besar, gangguan stres pascatrauma, dan fibromyalgia. Sumber 2.

2. Mengatur Kecemasan

Kurangnya perasaan stres dapat mengurangi kecemasan, serta mengurangi gejala gangguan kecemasan itu sendiri seperti fobia, kecemasan sosial, pemikiran paranoid, perilaku obsesif-kompulsif, dan serangan kepanikan.

Manfaat meditasi yang satu ini pun dapat membantu mengendalikan kecemasan terkait pekerjaan di lingkungan kerja bertekanan tinggi. Satu penelitian menemukan bahwa program meditasi mampu mengurangi kecemasan pada sekelompok perawat. Sumber 3.

3. Mendukung Kesehatan Emosional

Jenis-jenis meditasi tertentu juga dapat meningkatkan penampilan diri dan pandangan hidup yang lebih positif, karena pelaku meditasi cenderung terhindar dari perasaan stres dan depresi.

Senyawa peradangan yang disebut sebagai sitokin akan melepaskan respon stres sehingga mengganggu mood anda, dan berubah menjadi depresi jika dibiarkan. Maka dari itulah, melakukan meditasi sangatlah penting untuk dilakukan hari ini juga, terutama jika anda tengah mengalami gangguan emosional akibat berbagai macam masalah kehidupan.

4. Meningkatkan Kepekaan Diri

Beberapa jenis meditasi juga bisa membantu anda mengembangkan pemahaman yang lebih kuat tentang diri anda, serta membantu anda tumbuh menjadi diri yang lebih baik lagi.

Misalnya, tekhnik “meditasi penyelidikan diri” secara eksplisit bertujuan untuk membantu anda dalam mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang diri anda dan bagaimana anda berhubungan dengan orang-orang di sekitar anda.

Terdapat pula bentuk meditasi lainnya yang mengajari bagaimana anda mampu mengenali pikiran anda sendiri yang mungkin berbahaya dan bisa merugikan diri sendiri. Fokusnya adalah ketika anda mampu mendapatkan kesadaran yang lebih baik tentang kebiasaan berpikir anda, maka dapat mengarahkannya ke pola yang lebih konstruktif. Sumber 4.

5. Memperpanjang Rentang Waktu Perhatian

Manfaat meditasi selanjutnya adalah untuk memperpanjang rentang waktu perhatian yang kita miliki.

Jika olahraga angkat beban memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh, maka meditasi mampu memberikan manfaat dalam meningkatkan kekuatan dan daya tahan perhatian anda terhadap sesuatu.

Teori ini tentunya sudah dibuktikkan oleh penelitian dimana para partisifan melakukan meditasi kesadaran selama delapan minggu dan memperlihatkan peningkatan pada kemampuan dalam mempertahankan perhatian mereka terhadap sesuatu. Sumber 5.

6. Mengurangi Kehilangan Memori Terkait Usia

Peningkatan kemampuan perhatian dan kejernihan berpikir dapat membantu menjaga pikiran anda tetap awet muda.

Sebut saja Kirtan Kriya yang merupakan sebuah metode meditasi yang menggabungkan kata-kata dan gerakan jari secara berulang untuk memfokuskan pikiran. Ini berguna dalam meningkatkan kemampuan penggunanya dalam menjalankan tugas memori, terutama bagi mereka yang mengalami kehilangan ingatan terkait usia. Sumber 6.

Selain kemampuannya dalam melawan kehilangan memori terkait usia, meditasi juga setidaknya bermanfaat dalam meningkatkan ingatan pada pasien penderita demensia. Kegiatan ini juga bisa membantu anda mengontrol stres terhadap orang-orang yang tengah merawat keluarganya yang menderita demensia. Sumber 7.

7. Membuat Anda Lebih Ramah

Dikarenakan anda bisa terhindar dari stres dan depresi, maka secara otomatis meditasi pun bisa meningkatkan perasaan dan aksi positif terhadap diri sendiri maupun orang lain. Salah satu jenis meditasi yang berguna untuk tujuan ini bernama Metta, yang mana latihannya dimulai dengan meningkatkan pemikiran dan perasaan positif terhadap diri sendiri.

Melalui latihan ini, para peserta pun akan melebarkan kebaikan tersebut kepada orang lain, sehingga tidak jarang mereka pun bisa memaafkan teman, keluarga, saudara, bahkan musuh atau orang yang pernah menyakitinya.

Dengan kata lain, semakin seseorang melakukan kegiatan meditasi Metta, maka perasaan positif pun akan semakin tumbuh lebih besar. Bahkan dalam sebuah kelompok penelitian menemukan bahwa perkembangan perasaan positif tersebut dapat berefek pada berkurangnya kecemasan sosial, konflik pernikahan, dan mengatur perasaan marah.

8. Membantu Melawan Ketagihan

Kedisiplinan mental dapat membuat anda mampu melepaskan diri dari berbagai macam jenis ketagihan (baik itu ketagihan terhadap rokok atau bahkan zat berbahaya) dengan cara meningkatkan kontrol diri dan kepekaan terhadap kebiasaan yang memicu anda kembali ke jurang yang sama.

Penelitian sendiri bahkan telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu orang belajar untuk mengarahkan perhatian mereka, meningkatkan kemauan mereka untuk terlepas dari ketergantungan, mengendalikan emosi dan impuls, serta meningkatkan pemahaman tentang penyebab di balik perilaku adiktif tersebut. Sumber 8.

Jadi, jika anda tengah mencoba untuk berhenti merokok, terhindar dari makan berlebih, dan tengah menyembuhkan diri akibat penggunaan obat-obat terlarang, maka proses usaha tersebut akan lebih baik dibarengi dengan meditasi.

9. Mengatasi Masalah Tidur

Hampir setengah dari populasi di dunia akan menderita masalah tidur, terlebih di zaman serba cepat saat ini. Maka dari itu, kegiatan meditasi haruslah dilakukan dari waktu ke waktu terutama jika anda tinggal di tengah-tengah kesibukan kota besar.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang melakukan meditasi mindfulness cenderung mampu tidur lebih cepat dan lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya. Sumber 9.

Rajin melakukan meditasi dapat membantu anda mengontrol pikiran tak terkendali sebelum tidur, yang mana sering kali menjadi penyebab insomnia. Selain itu, dapat pula merileksasikan tubuh dan melepaskan ketegangan akibat kesibukan yang padat di siang hari.

10. Mengurangi Tekanan Darah

Tak hanya berdampak pada kesehatan mental, meditasi juga bisa meningkatkan kesehatan fisik dengan cara mengurangi ketegangan pada jantung anda. Seiring waktu, tekanan darah tinggi akan membuat jantung anda bekerja menjadi lebih keras untuk memompa darah, sehingga berpotensi menyebabkan penyakit jantung.

Tekanan darah juga akan menyebabkan anda terkena kondisi aterosklerosis, atau menyempitnya arteri sehingga mengarah pada serangan jantung dan stroke.

Pada bagiannya, meditasi mampu mengontrol tekanan darah tersebut dengan merileksasikan sinyal saraf yang berkoordinasi dengan fungsi jantung, mengurangi ketegangan pada pembuluh darah, serta mengatasi respon “fight-or-flight” yang selalu membuat anda merasa waspada dan berada pada kondisi stres.

Demikian informasi tentang manfaat meditasi yang harus kita ketahui bersama. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *