6 Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh dan Efektif

Bagaimana sih cara mengatasi insomnia paling ampuh dan efektif yang bisa dilakukan? Selain sangat mengganggu, insomnia atau gangguan sulit tidur bisa membawa efek karambol yang sangat buruk untuk tubuh. Karena itu penting mengetahui cara untuk mengatasinya.

Gangguan insomnia adalah kondisi tubuh yang tak mampu beristirahat dan tidur dengan tenang dan nyenyak. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh tak memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri. Sehingga bisa menyebabkan tubuh menjadi rentan terhadap serangan penyakit.

Rekomendasi Cara Mengatasi Insomnia yang Efektif

Gangguan tidur atau insomnia bisa terjadi dan dialami oleh siapa pun, termasuk anak-anak. Namun gangguan insomnia umumnya dialami orang muda dan kalangan profesional yang sibuk.

cara mengatasi insomnia paling ampuh

Nah, berikut ini cara mengatasi insomnia paling ampuh yang bisa dilakukan.

1. Terapi Kogitif dan Perilaku

Langkah awal untuk dapat mengobati penyakit Insomnia adalah dengan terapi kogintif dan perilaku. Langkah awal ini sangat cocok untuk orang yang mengidap Insomnia akibat kebiasaan tidur larut malam atau pola tidur yang tidak tentu. Terapi kogitif dan perilaku tersebut meliputi:

  • Kondisikan situasi yang sangat nyaman saat tidur. Cara mengatasi insomnia paling ampuh yang juga sangat disarankan adalah engan mengkondisikan keadaan sekitar tempat tidur dalam keadaan yang tenang. Atur suhu ruangan supaya lebih nyaman, dan hindari menonton Televisi disaat tidur.
  • Lakukan Relaksasi. Sebelum tidur usahakan pikiran Anda setenang mungkin, lemaskan otot – otot tubuh yang tegang. Atau lakukan meditasi untuk menciptakan suasana yang lebih tenang dan rileks.

2. Terapi Acupressure

Acupressure merupakan pemijatan pada beberapa titik tertentu yang sama dengan titik akupuntur untuk menghilangkan nyeri.

Baca juga: Penyebab Asam Lambung Naik

Cara mengatasi insomnia akut dengan metode Acupressure selama sekitar 5 minggu pada titik yang terletak pada bagian pergelangan tangan dapat meurunkan gejala Insomnia.

3. Mengatur Pola Makan

Untuk dapat mengobati susah tidur, disarankan menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein dan jug alkohol di waktu sore dan malam hari.

Selain itu disarankan pula untuk menghindari makan dalam jumlah yang berlebihan sesaat sebelum tidur. Hal ini dikarenakan dapat menimbulkan asam lambung kembali naik sehingga dapat menggangu kualitas tidur.

4. Melakukan Olahraga

Olah raga pada waktu 6 jam sebelum tidur atau d sore hari dapat mejadi cara mengatasi insomnia parah secara alami. Namun usahakan olah raga yang ringan saja, karena olahraga yang berat dapat menimbulkan efek sebaliknya yaitu memperburuk penyakit Insomnia.

5. Minum Obat Penenang

Jika semua cara mengatasi insomnia berat diatas masih belum juga dapat menghilangkan masalah tidur Anda. Maka langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan atau membeli obat insomnia di apotik.

Namun perlu di ingat dalam penggunaan obat relaksasi haru menggunakan resep dokter dan dimulai dengan dosis yang paling rendah. Dan hindari menggunakan obat tidur secara rutin lebih dari waktu 2 – 4 minggu.

6. Berkonsultasi dengan Dokter

Jika cara di atas tidak dapat mengobati Insomnia, maka langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter atau psikolog.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut apakah Insomnia yang sedang dialami merupakan masalah psikologis, medis atau mungkin faktir yang lainnya.

Nah itulah beberapa cara mengatasi insomnia paling ampuh yang dapat Anda lakukan ketikan Anda mengalami hal tersebut. Jangan sampai Anda membiarkan Insomnia berlarut-larut dalam waktu yang lama, karena Insomnia dapat merusak atau mengganggu organ dalam seperti pankreas, ginjal serta organ dalam yang lainnya.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *