7 Khasiat Minyak Hati Ikan Cod untuk Kesehatan

7 Khasiat Minyak Hati Ikan Cod untuk Kesehatan

Minyak hati ikan cod merupakan sejenis suplemen yang bisa anda dapatkan dengan mudah di pasaran. Sama halnya seperti suplemen minyak ikan biasa, minyak hati ikan cod juga mengandung kadar asam lemak omega-3 yang tinggi, yang mana telah terbukti mampu memberikan manfaat kesehatan termasuk mengurangi peradangan dan tekanan darah.

Selain itu, anda pun masih bisa mendapatkan jenis nutrisi lainnya seperti vitamin A dan vitamin D yang kebanyakan diekstraksikan dari hati ikan cod. Jenis minyak yang satu ini sudah digunakan selama berabad-abad lamanya untuk mengatasi nyeri sendi dan mengobati rakhitis, yaitu sejenis penyakit yang menyebabkan tulang rapuh pada anak-anak. Sumber 1.

Pada dasarnya, organ hati memang sudah kaya akan vitamin serat lemak seperti vitamin A dan vitamin D, sehingga bisa menambah kebutuhan harian anda. Sementara menurut self.com, dari satu sendok teh (5 ml) minyak hati ikan cod saja sudah bisa menyediakan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 40
  • Lemak: 4,5 gram
  • Asam lemak omega-3: 890 mg
  • Lemak tak jenuh tunggal: 2,1 gram
  • Lemak jenuh: 1 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 1 gram
  • Vitamin A: 90% dari kebutuhan yang direkomendasikan (RDI)
  • Vitamin D: 113% RDI

Vitamin A sendiri memainkan peran penting di dalam tubuh anda, termasuk menjaga kesehatan hati, fungsi otak, dan kulit. Sementara vitamin D mampu menjaga tulang anda dengan cara mengatur penyerapan kalsium.

Selain itu, terdapat pula beberapa jenis manfaat kesehatan yang bsia anda petik darinya, seperti yang sudah dibahas di bawah ini secara lengkap.

1. Mengurangi Peradangan

Peradangan termasuk proses alamiah tubuh anda dalam melawan infeksi dan mengobati luka. Sayangnya, dalam beberapa kasus peradangan tersebut akan terus berlanjut bahkan setelah anda sembuh.

Kondisi tersebut disebut sebagai peradangan kronis yang sangat berbahaya jika dibiarkan karena mampu meningkatkan resiko anda terkena tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit berbahaya lainnya. Sumber 2.

Asam lemak omega-3 yang terdapat di dalam minyak hati ikan cod untungnya mampu mengurangi peradangan kronis dengan cara menekan protein yang menjadi penyebabnya. Beberapa diantaranya adalah TNF-α, IL-1, dan IL-6.

Selain itu, vitamin A dan vitamin D yang dimilikinya juga bisa menjadi antioksidan yang sangat ampuh. Mereka mampu mengurangi peradangan dengan cara mengikat dan menetralisir radikal bebas yang berbahaya. Sumber 3.

Menariknya, orang-orang yang kekurangan vitamin A dan vitamin D lebih mungkin beresiko terkena peradangan kronis.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sangatlah penting untuk selalu menjaga kesehatan tulang sejalan dengan usia anda. Hal ini karena tubuh anda akan mulai kehilangan masa tulang setelah menginjak usia 30 tahun. Jika tidak dijaga, maka akan meningkatkan resiko terkena patah tulang di kemudian hari, terutama bagi wanita yang sudah memasuki fase menopause.

Minyak hati ikan cod merupakan sumber vitamin D yang sangat baik dan mampu mengurangi keropos tulang terkait usia dengan cara membantu usus anda dalam menyerap kalsium, yaitu sejenis mineral yang diperlukan tulang agar tetap kuat.

Faktanya, penelitian telah memperlihatkan bahwa ketika seseorang mengkonsumsi minyak hati ikan cod bersama dengan pola makan tinggi kalsium, maka akan mampu mengurangi keropos tulang bagi orang dewasa, dan menguatkan kembali tulang yang rapuh bagi anak-anak. Sumber 4.

3. Mengurangi Nyeri Sendi

Rheumatoid arthritis atau radang sendi merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan kerusakan pada sendi anda. Hingga saat ini, belum ada obat yang dibuat khusus untuk penyakit tersebut, sehingga para ahli kesehatan biasanya memberikan obat-obatan atau antibiotik untuk mengatasi gejalanya saja.

Selain obat dari dokter, minyak hati ikan cod pun turut membantu anda mengatasi masalah penyakit yang satu ini. Bahkan dalam sebuah penelitian sendiri memperlihatkan bahwa minyak hati ikan cod mampu mengurangi nyeri sendi dan mengatasi gejala terkait dengan rheumatoid arthritis seperti kekakuan dan kebengkakan. Sumber 5.

Selain itu, dipercaya juga bahwa asam lemak omega-3 yang terdapat dalam minyak hati ikan cod mampu mengurangi peradangan pada sendi dan menjaganya dari kerusakan.

4. Mendukung Kesehatan Mata

Kehilangan penglihatan merupakan salah satu masalah paling besar yang mungkin tidak anda inginkan, tetapi sayangnya telah mempengaruhi sebanyak 285 juta orang di seluruh dunia.

Terdapat banyak sekali alasan kenapa orang-orang mengalami masalah menyedihkan yang satu ini, yang mana dua diantaranya disebabkan oleh glaucoma dan degenerasi makula terkait usia (AMD – age-related macular degeneration).

Kedua dari penyakit tersebut bisa didapatkan akibat peradangan kronis yang terjadi di dalam tubuh anda. Tetapi untungnya, lagi-lagi asam lemak omega-3 dan vitamin A di dalam minyak hati ikan cod telah terbukti mampu menjaga penyakit mata yang disebabkan oleh peradangan.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 666 orang menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi asam lemak omega-3 mampu mengurangi resiko awal AMD sebanyak 17%, dan resiko lanjut sebanyak 41%. Sumber 6.

Selain itu, pola makan tinggi akan vitamin A juga bisa mengurangi resiko glaukoma dan AMD di saat yang bersamaan. Sekali lagi, minyak hati ikan cod memiliki kedua jenis nutrisi penting tersebut untuk mata, sehingga anda bisa mendapatkan 2 keuntungan dalam sekali makan.

Namun, meskipun vitamin A sangatlah penting terhadap kesehatan mata anda, pastikan untuk menghindari mengkonsumsinya dalam dosis yang tinggi karena malah akan menyebabkan toksisitas vitamin A, terutama bagi wanita hamil.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung sudah menjadi salah satu penyebab kematian nomor satu di dunia, yang mana telah menjangkiti di lebih dari 17,5 juta orang-orang setiap tahunnya. Sumber 7.

Maka dari itulah, bagi anda yang tengah beresiko terkena penyakit jantung harus mendapatkan asupan makanan yang tepat, ditambah dengan suplemen minyak hati ikan cod, karena telah terbukti mampu memberikan kesehatan terhadap jantung anda dengan cara mengurangi trigliserida, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol HDL, dan mencegah terbentuknya plak.

6. Mengatasi Gejala Kecemasan dan Depresi

Kecemasan dan depresi juga termasuk ke dalam penyakit yang banyak menjangkiti orang-orang di seluruh dunia, yaitu lebih dari 615 juta orang. Menariknya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara peradangan kronis dan kedua gangguan mental tersebut. Sumber 8.

Jadi, dengan mengurangi peradangan di tubuh maka mampu mengusir kecemasan dan depresi secara tidak langsung. Banyak penelitian juga telah menemukan bahwa asupan lemak omega-3 yang terdapat dalam minyak hati ikan cod mampu mengurangi peradangan serta gejala terkait kecemasan dan depresi secara signifikan. Sumber 9.

7. Membantu Menyembuhkan Tukak Lambung

Tukak lambung terjadi akibat terdapat kerusakan kecil pada lapisan perut atau usus seseorang. Tetapi efeknya bisa begitu melemahkan karena bisa membuat anda merasakan gejala mual, sakit perut bagian atas, dan ketidaknyamanan saat mengenakan celana.

Jenis penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, merokok, kelebihan dalam penggunaan obat-obatan anti-radang, atau kelebihan asam di perut. Banyak cara untuk bisa menyembuhkannya, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi minyak hati ikan cod secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *