sistem lamella clarifier

Fungsi Sistem Lamella Clarifier dan Pengertiannya

Saat ini banyak perusahaan yang sudah mulai mengelola air limbah dengan menggunakan sistem yang disebut dengan Lamella. Sistem ini banyak digunakan oleh perusahaan yang bergerak pada bidang industri pertambangan juga perusahaan metal finishing. Fungsi sistem lamella clarifier sangat banyak, sehingga banyak perusahaan yang lebih menggunakan sistem ini daripada sistem lainnya.

Nah sebelum mengetahui fungsinya, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu sistem lamella clarifier. Supaya Anda mengetahui fungsi dan cara kerja dengan menggunakan sistem lamella clarifier, sebaiknya baca artikel di bawah ini. Karena disini akan memberikan beberapa penjelasan mengenai sistem tersebut. 

Fungsi Sistem Lamella Clarifier yang Perlu Anda Ketahui

Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa sebaiknya Anda mengetahui apa itu sistem lamella clarifier. Lamella clarifier merupakan salah satu sistem yang dikenal sangat efektif untuk mengelola limbah cair. Alat yang digunakan untuk membuat sistem menggunakan pelat yang dikenal dengan sebutan lamella plate dan alat tersebut terbuat dari bahan logam atau pvc yang dapat mengurangi tingkat karat. 

Lamela plate disusun untuk digunakan sebagai clarifier atau penjernih air limbah. Sehingga nantinya setelah melalui proses sistem tersebut, limbah dapat dikelola kembali. Jadi hal itu sangat berguna untuk mengurangi populasi limbah pabrik. 

Selain lamella clarifier, dikenal juga istilah tube settler. Tube settler adalah susunan selongsong yang memiliki kemiringan sekitar 60 derajat. Tube settler biasa digunakan pada industri pengolahan air bersih untuk meningkatkan kapasitas clarifier atau kolam pengendapan. 

Lalu Apa Fungsi Utama Dari Lamella Clarifier?

Fungsi sistem lamella clarifier ini adalah untuk memisahkan partikel yang tercampur di dalam air. Sehingga air limbah di pabrik dapat dikelola ulang. Hal ini bertujuan supaya pabrik dapat mengurangi populasi limbah yang akan tersebar di berbagai tempat. Selain itu, mereka juga dapat memanfaatkan air limbah untuk digunakan kembali.

Tak hanya perusahaan saja yang menggunakan sistem lamella clarifier namun sistem ini juga digunakan untuk menjernihkan air baku dan membuatnya memiliki kualitas lebih baik, contohnya seperti low water juga raw water.

Perlu Anda ketahui, bahwa sistem ini juga digunakan dalam pengolahan primer supaya dapat menggantikan tangki pengendapan atau sedimentasi konvensional. Maka dari itu keberadaan lamella clarifier ini sangat penting untuk menurunkan tingkat populasi limbah juga meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan air limbah.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Ini?

Cara kerja sistem lamella clarifier ini sangat mudah untuk dipahami. Selain itu, sudah banyak media yang menyebarkan cara kerja sistem ini. Tak hanya itu, banyak yang mengatakan bahwa pemasangan sistem lamella juga mudah. Jadi sistem ini masuk dalam kategori efisien.

Beberapa pengertian dan fungsi sistem lamella clarifier tersebut diatas dapat Anda ketahui dengan benar. Sistem ini berperan sangat penting, jadi tak heran jika banyak perusahaan yang memanfaatkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *