manfaat bermain game

Inilah Manfaat Bermain Game yang Harus Diketahui

Bermain game seringkali dianggap buang-buang waktu, tidak produktif, dan memiliki dampak buruk. Memang hal tersebut ada benarnya, tetapi apakah selamanya seperti itu? Padahal bermain game jika dimainkan dalam waktu yang tepat memiliki manfaat positif. Artikel ini akan membahas mengenai apa saja manfaat bermain game yang harus diketahui oleh kita semua.

Banyak anak muda sekarang ini ketagihan dalam bermain game. Ada banyak game yang terkenal di kalangan anak muda sekarang ini, diantaranya adalah PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, Genshin Impact, Call of Duty Mobile, dan masih banyak lagi.

Game memang seringkai dijadikan hiburan untuk melepas lelah selepas seharian belajar atau bekerja. Tetapi, jika dimainkan secara berlebihan, maka game akan memiliki dampak buruk. Misalnya, ketika kita begadang bermain game, justru besoknya menjadi capek dan tidak produktif.

Manfaat Positif Bermain Game

Jika dimainkan secara bijak, maka game memiliki manfaat yang berguna untuk ilmu pengetahuan dan juga wawasan kita semua. Untuk lebih mendalami apa saja manfaat bermain game, mari kita simak manfaat bermain game di bawah ini:

Bermain Game dapat Menghilangkan Stres

Manfaat pertama dari bermain game adalah menghilangkan stres. Kami yakin anda pasti juga menyetujui hal ini bukan? Bermain game biasanya dilakukan setelah capek atau jenuh terhadap pekerjaan.

Di kantor Google sendiri, justru disediakan berbagai macam permainan, termasuk di antaranya game console agar pegawainya dapat bermain game saat lelah bekerja.

Setelah stres tersebut hilang, barulah kita melanjutkan pekerjaan kita. Otak yang fresh tentu akan membantu kita dalam menyelesaikan masalah saat bekerja.

Ada masa dimana saat kita bermain game justru malah bertambah stres. Hal ini terjadi karena kita kalah terus-menerus dan tidak mengetahui tips tentang game. Oleh karena itu, kita harus update terhadap info game, salah satu caranya adalah dengan membaca web metroandalas.co.id

Bermain Game dapat Melatih Kerjasama Tim

Bekerja dalam tim adalah salah satu keahlian dalam pekerjaan. Tentunya kemampuan untuk bekerja sama dalam tim tidak didapat dengan mudah.

Padahal, ketika kita bekerja di dalam tim kita dituntut untuk saling mengerti dan memahami, mau untuk berkorban demi terlaksananya tujuan di dalam tim.

Salah satu cara untuk melatih kerja sama tim adalah dengan bermain game. Ada banyak game yang bisa dijadikan latihan untuk ini, misalnya PUBG Mobile, Mobile Legends, DotA, dan sejenisnya. Yang jelas game yang bisa melatih kerja sama tim juga harus game yang dimainkan secara tim.

Bermain Game dapat Melatih Kesabaran

Manfaat lain dari bermain game adalah melatih kesabaran. Di dalam game kita akan dipaksa untuk bersabar. Sebagai contoh, di game Mobile Legends sendiri selain melatih kerja sama tim, kita juga dituntut untuk bersabar mencari celah pada lawan untuk melakukan serangan.

Jika kita tidak sabar, maka kita akan segera menyerang lawan sendirian dan akhirnya mati karena dikeroyok oleh lawan.

Banyak contoh lain bahwa game dapat melatih kesabaran. Bahkan ketika kita mengalami kekalahan di dalam game pun juga termasuk dalam rangka melatih kesabaran.

Nah, itu tadi beberapa manfaat game yang harus kita ketahui. Memang, meskipun game memiliki manfaat yang baik, memainkannya seara terus-menerus bukanlah hal yang bijak. Tubuh kita juga butuh untuk istirahat. Jangan sampai karena keseringan bermain game, justru malah membuat kita stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *