Manfaat Vitamin B Kompleks dan Jenisnya Untuk Kesehatan Tubuh

Tubuh kita memerlukan vitamin untuk mendukung tumbuh kembang, mengganti sel yang rusak, dan menjaga diri kita dari serangan bakteri atau virus. Ada banyak sekali jenis vitamin yang sebenarnya kita butuhkan, salah satunya adalah vitamin B kompleks. Manfaat Vitamin B kompleks berperan aktif dalam berbagai kebutuhan dan fungsi tubuh. Mulai dari produksi hormon, energi, kolesterol sampai pada pemeliharaan terhadap fungsi organ tubuh.

Vitamin B kompleks memiliki beragam jenis yang memiliki manfaat yang berbeda-beda. Apa saja? Mari simak daftarnya.

Jenis Beserta Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Tubuh

Berbicara tentang vitamin B kompleks, setiap jenisnya memiliki manfaat lebih spesifik diantaranya:

Vitamin B2

Pada umumnya kandungan vitamin B2 atau riboflavin terdapat pada makanan. Meskipun bakteri usus yang sehat dapat menghasilkan riboflavin, namun hanya dalam jumlah kecil. Hal ini tidak dapat memenuhi kebutuhan secara harian.

Salah satu dari Vitamin B kompleks ini berfungsi dalam menjaga kesehatan kulit, mata, juga sistem saraf. Sistem saraf adalah sistem yang kompleks karena mengendalikan seluruh sistem di dalam tubuh.

Manfaat lain dari vitamin B kompleks adalah dapat membantu mengubah B6 menjadi bentuk yang dapat digunakan. Manfaat lainnya membantu mengubah makanan menjadi energi dan pertumbuhan sel darah merah. 

Vitamin B5

Vitamin ini membantu tubuh dalam memanfaatkan protein dan lemak. Dalam perannya untuk tubuh, mampu menghasilkan hormon seks atau seks pada kelenjar adrenal. Membantu tubuh dalam memanfaatkan vitamin lainya dan berguna untuk produksi sel darah merah serta kolesterol. 

Vitamin B1

Dikenal sebagai tiamin, vitamin B1 adalah vitamin yang dapat larut dalam air. Umumnya hadir dalam bentuk suplemen. Manfaatnya untuk pertumbuhan, fungsi, dan perkembangan sel tubuh. Bahkan B1 dapat membantu tubuh dalam mengubah karbohidrat makanan menjadi sebuah energi. Meningkatkan kesehatan otot, otak dan sistem saraf. 

Vitamin B3

Vitamin B3 ini sering disebut dengan niasin yakni nikotinat dan nikotinamida. Manfaat Vitamin B kompleks ini adalah membantu meningkatkan fungsi enzim, meningkatkan sistem pencernaan, kulit dan saraf, penting untuk produksi hormon dan mengubah makanan menjadi energi. 

Vitamin B7

Manfaat yang diperoleh dari vitamin B7 adalah meningkatkan pertumbuhan serta kesehatan tulang, mengubah lemak dan protein menjadi energi, dan menghasilkan asam lemak.

Vitamin B6

Vitamin B6 dikenal sebagai piridoksin yang memiliki khasiat melawan infeksi, membantu menghasilkan insulin, dan membuat asam amino non esensial. 

Vitamin B12

Vitamin yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah ini juga memiliki peran penting untuk metabolisme protein. Bahkan mampu meningkatkan fungsi dan perkembangan sel saraf dan perkembangannya. Selain itu mampu mencegah dari anemia. 

Vitamin B9

Terakhir adalah vitamin B9. Vitamin ini mempunyai manfaat mengurangi resiko kelainan otak dan bentuk tulang. Bahkan mampu menghasilkan serta menjaga DNA dan memproduksi sel darah merah. Manfaat Vitamin B kompleks tersebut sangat lengkap dan membantu secara maksimal untuk kesehatan tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *