Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mencegahnya

penyebab asam lambung naik

Apa saja sih penyebab asam lambung naik? Secara statistik banyak manusia di dunia terkena asam lambung, baik itu asam lambung kronis maupun biasa, untuk itu mimin akan membahas secara detail tentang apa penyakit asam lambung, penyebab, dan cara mencegahnya.

Penyakit asam lambung adalah gangguan kesehatan yang lazim terjadi pada masyarakat. Penyakit asam lambung atau yang memiliki istilah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan suatu kondisi yang dicirikan dengan adanya nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum pada bagian ulu hati atau seperti terbakar pada bagian dada dari akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Seperti yang kita ketahui kerongkongan merupakan bagian organ tubuh manusia yang menghubungkan antara mulut dan lambung.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya penyakit asam lambung, sebagaimana yang telah kami kutip dari berbagai sumber terpercaya, Faktor penyebab munculnya asam lambung biasanya terkait dengan faktor keturunan, stress berat, konsumsi obat-obat secara berlebih, obesitas, diet, keadaan hamil, atau terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung asam, pedas atau makanan yang banyak mengandung lemak.

penyebab asam lambung naik

Asam pada lambung memang dibutuhkan tubuh, tetapi jika asam dilambung diproduksi tidak seimbang seperti terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit asam lambung atau maag. Maka sebelum hal tersebut terjadi pada anda, wajib diketahui beberapa langkah untuk mencegahnya.

Faktor Penyebab Asam Lambung Naik

Berikut adalah diantaranya penyebab asam lambung naik dan apa saja cara untuk mencegahnya.

1.Mencegah asam lambung naik dengan cara ubah kebiasaan buruk

Gaya hidup buruk memiliki peran penting pada asam lambung anda. Sebaliknya gaya hidup sehat memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda secara menyeluruh. Sebagian orang tidak menyadari bahwa gaya hidup yang buruk memiliki efek yang buruk pula bagi asam lambung maupun organ tubuhnya yang lain. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab asam lambung naik antara lain:

  • Candu merokok dan terlalu sering mabuk-mabukan dengan mengkonsumsi alcohol
  • Mengkonsumsi Narkotika
  • Tidak pernah olahraga
  • Jarang minum air putih.
  • Istirahat tidak cukup.
  • Diet Cepat sehingga melewatkan makanan utama setiap hari

2.Mencegah asam lambung naik dengan cara jaga pola makan

Makanan merupakan salah satu faktor teratas yang menjadi penyebab asam lambung naik dan juga dapat berdampak buruk pada organ tubuh lainnya seperti usus.

Oleh karena itu, seseorang harus menjaga pola waktu makan yang baik dan juga makan sesuai porsi yang dibutuhkan tubuh anda. Selain itu, ada berbagai jenis makanan yang sebaiknya anda hindari untuk mencegah asam lambung naik.

Adapun jenis makanan penyebab asam lambung naik yang harus dihindari sekaligus cara mencegah asam lambung naik, yakni sebagai berikut :

  • Makanan terlalu asam
  • Makanan banyak berminyak
  • Makanan terlalu pedas
  • Makanan banyak mengandung lemak

Selain jenis makanan diatas, disarankan anda tidak makan secara berlebihan dalam sekali waktu. Anda juga disarankan untuk menghindari minuman dingin terlalu sering. Jika sedang diet, maka konsumsi makanan yang bernutrisi untuk tubuh dan hindari diet tidak sehat.

Perlu anda ketahui bahwa asam lambung naik terlalu sering dapat menyebabkan gangguan penyakit pada organ tubuh anda. Demikian artikel yang membahas tentang penyebab asam lambung naik dan cara mencegahnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *