Penyebab Bayi Kembar Siam dan Cara Mencegahnya

Penyebab Bayi Kembar Siam dan Cara Mencegahnya

Penyebab Bayi Kembar Siam dan Cara Mencegahnya – Mempunyai bayi kembar mungkin salah satu keinginan dari banyak orang. Tapi mempunyai bayi kembar siam tentunya tidak diinginkan. Pembahasan kali ini akan membahas mengenai penyebab bayi kembar siam dan cara mencegahnya.

Kelahiran bayi kembar siam di Indonesia 1 berbanding 200 ribu dan kemungkinan bayi hidup hanya 5 sampai dengan 25 persen saja. Kelahiran bayi kembar siam bisa disebabkan berbagai hal, bisa disebabkan karena faktor internal bisa juga disebabkan oleh faktor eksternal seperti konsumsi obat ataupun yang lainnya.

Penyebab bayi kembar siam yang utama yaitu karena adanya kegagalan pemisahan embrio kembar identik didalam rahim sang ibu. Terbentuknya bayi kembar siam ini secara garis besar dikarenakan sel telur yang sudah dibuahi olah sperma membelah menjadi dua bagian dan selama pembelahan ini terjadi kegagalan yang bisa disebabkan karena faktor hormon ataupun konsumsi obat-obatan dari luar.

Pengertian bayi kembar siam sendiri adalah bayi kembar yang lahir berdempetan dan biasanya lahir dalam keadaan meninggal atau hanya bisa bertahan hidup hanya beberapa hari setelah kelahiran.

Kembar siam bisa terjadi ketika proses pembelahan terjadi penambahan hormon ketika proses. Penambahan hormon ini disebabkan karena sang ibu mengkonsumsi obat penyubur kehamilan ataupun konsumsi obat-obatan yang bisa menghambat proses pembelahan dan mengakibatkan bayi kembar siam. Pembelahan yang terjadi pada embrio sebenarnya terjadi ketika pada awal kehamilan, sehingga bisa dicegah sejak dini agar bayi tidak terlahir kembar siam. Mengenali penyebab bayi kembar siam juga sangat diperlukan bagi ibu-ibu hamil.

Cara Menghindari Penyebab Bayi Kembar Siam

Sudah jelas proses terjadinya bayi kembar siam dikarenakan kegagalan dalam hal pembelahan embrio yang disebabkan faktor hormonal dan juga faktor konsumsi makanan dan obat-obatan. Dengan mengetahui penyebab bayi kembar siam, Anda para ibu bisa melakukan tindakan pencegahan. Berikut akan diberikan 3 cara menghindari bayi kembar siam sejak dini.

Jaga kesehatan selama masa kehamilan

Memang belum ada penyebab pasti bayi lahir kembar siam, oleh karena itu Anda harus menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Hindari untuk terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya salah satu faktor yang menyebabkan bayi kembar siam karena kelebihan hormon yang disebabkan oleh konsumsi obat-obatan.

Menjaga kesehatan selama kehamilan tidak hanya bisa menghindari bayi kembar siam saja tapi juga bisa membantu perkembangan janin dalam rahim.

Penuhi nutrisi dengan cukup dan seimbang

Memenuhi kebutuhan nutrisi saat kehamilan adalah hal yang wajib harus dilakukan oleh ibu hamil. Nutrisi ini bisa dicukupi dengan banyak mengkonsumsi buah dan juga sayur setiap harinya. Penyebab bayi kembar siam bisa juga karena pemenuhan gizi yang kurang pada masa kehamilan awal. Oleh karena itu pada masa awal kehamilan pemenuhan nutrisi harus diperhatikan.

Kenali tanda-tanda kehamilan sejak awal

Seperti yang sudah dijelaskan proses terjadinya bayi kembar siam terjadi sejak awal kehamilan, jadi untuk para wanita harus mengenali tanda-tanda awal kehamilan. Dengan mengetahui tanda awal kehamilan bisa mencegah terjadinya bayi kembar siam dengan selalu berhati-hati dan juga menjaga pola makan.

Dengan mengenali Penyebab Bayi Kembar Siam dan Cara Mencegahnya para ibu hamil akan lebih waspada dan juga lebih berhati-hati ketika sedang hamil. Mengetahui kehamilan sejak dini adalah hal wajib yang harus dilakukan.

Dengan begitu bisa menjaga janin yang ada didalam rahim dengan lebih baik. Selain itu, diperlukan konsultasi dengan bidan ataupun dokter ahli mengenai perkembangan bayi yang sedang dikandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *