9 Alasan Kenapa Tidur Cukup di Malam Hari Sangat Penting

9 Alasan Kenapa Tidur Cukup di Malam Hari Sangat Penting

Tidur di malam hari yang berkualitas sangatlah penting bagi kesehatan tubuh anda secara keseluruhan, bahkan sama pentingnya seperti anda mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga.

Sayangnya, terdapat banyak sekali hal-hal yang dapat mengganggu pola tidur alamiah anda, termasuk pola makan dan kesibukan di siang hari. Padahal, tidur berkualitas di malam hari sendiri sangatlah penting dan bisa membuat anda terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Dimulai dari kesehatan fisik hingga mental, berikut adalah asalan kuat kenapa tidur cukup dan berkualitas harus anda dapatkan setiap malam.

1. Berefek Pada Berat Badan

Pola atau kualitas tidur yang buruk telah terkait dengan kenaikan berat badan yang tidak terkontrol. Mereka yang tidur lebih sedikit cenderung meningkatkan lebih banyak berat badan secara signifikan dibandingkan dengan orang-orang yang tidur cukup di malam hari.

Bahkan disebutkan pula bahwa kekurangan tidur bisa mengarah pada obesitas. Dalam sebuah ulasan penelitian sendiri memperlihatkan bahwa kekurangan tidur bisa menyebabkan obesitas sebanyak 89% bagi anak-anak dan 55% bagi orang dewasa. Sumber 1.

Efek kekurangan tidur terhadap kenaikan berat badan bisa dikarenakan berbagai macam faktor, termasuk perubahan hormon dalam tubuh dan kehilangan motivasi untuk berolahraga. Jadi, jika anda tengah mencoba menurunkan berat badan maka akan lebih baik memiliki waktu dan kualitas tidur yang cukup.

2. Kurang Tidur Mempengaruhi Asupan Kalori

Orang-orang yang selalu gadang di malam hari cenderung memiliki nafsu makan yang lebih banyak dan terkena ngidam makanan berkalori tinggi. Penelitian sendiri menunjukkan bahwa kekurangan tidur tersebut dapat mengganggu fluktuasi harian dari hormon nafsu makan. Sumber 2.

Beberapa hormon yang meningkat tersebut meliputi ghrelin, hormon perangsang nafsu makan, serta mengurangi kadar leptin, atau hormon yang menekan nafsu makan.

Poin ini memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan poin nomor 1 di atas. Seperti yang sudah kita tahu bahwa menurunkan berat badan artinya membakar lebih banyak kalori daripada yang masuk. Tetapi kekurangan tidur dapat mengganggu usaha anda dalam membatasi asupan kalori tersebut secara emosional.

3. Tidur Cukup Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Tidur sangatlah penting terhadap berbagai macam aspek fungsi otak anda, beberapa diantaranya adalah kognitif, konsentrasi, produktivitas, dan performa. Tetapi semua kemampuan tersebut akan terganggu jika anda kekurangan tidur di malam hari.

Penelitian sendiri telah memperlihatkan bahwa kekurangan tidur dapat berpengaruh secara negatif terhadap beberapa aspek fungsi otak ke tingkat yang sama seperti keracunan alkohol. Sumber 3.

Sebaliknya, memiliki kualitas dan waktu tidur yang baik telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah dan performa ingatan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

4. Tidur Cukup Meningkatkan Performa Latihan

Seorang atlet dan olahragawan haruslah memiliki waktu tidur yang cukup dengan kualitas yang baik, karena mampu meningkatkan performa latihan mereka secara langsung.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan pemain basket menemukan bahwa mereka yang tidur cukup di malam hari mampu meningkatkan kecepatan, akurasi, waktu reaksi, dan kesehatan mental.

Sementara kekurangan waktu tidur telah terkait dengan performa latihan yang buruk pada para atlet serta keterbatasan fungsional terhadap wanita yang berusia lebih tua.

5. Kurang Tidur Beresiko Terkena Penyakit Jantung dan Stroke

Salah satu efek negatif yang paling berbahaya akibat kekurangan tidur adalah menempatkan anda pada resiko penyakit jantung dan stroke. Faktor-faktor tersebut meliputi penyakit kronis yang membahayakan jiwa.

Penyakit jantung sendiri telah menjadi salah satu penyebab kematian nomor satu di dunia. Terlebih lagi, saat anda didiagnosa terkena penyakit yang satu ini, maka akan sangat sulit untuk mengatasinya. Maka, akan lebih baik jika anda mampu mencegahnya dengan tidur cukup setiap malam.

6. Mempengaruhi Metabolisme Glukosa

Jika berbicara mengenai glukosa dan kadar gula yang tinggi dalam darah, maka erat kaitannya dengan diabetes tipe-2. Parahnya, kekurangan tidur di malam hari akan berefek secara langsung terhadap gula darah dan mengurangi sensitivitas insulin anda.

Bahkan dalam sebuah penelitian terhadap pria muda yang sehat memperlihatkan bahwa membatasi waktu tidur mereka hingga 4 jam selama 6 hari berturut-turut bisa menyebabkan gejala pradiabetes. Sumber 4.

Tetapi gejala tersebut mampu teratasi setelah meningkatkan kembali durasi tidur mereka selama satu minggu penuh.

Dengan begitu, jika anda selalu memiliki waktu tidur kurang dari 6 jam selama beberapa tahun belakangan ini, maka harus berhati-hati karena kemungkinan diabetes tipe-2 tengah mengintai anda. Sumber 5.

7. Kurang Tidur Menyebabkan Depresi

Masalah kesehatan mental seperti depresi juga telah terkait secara nyata dengan kualitas tidur yang buruk dan gangguan tidur. Telah diperkirakan sebanyak 90% orang-orang yang mengalami depresi cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk.

Bahkan kurang tidur bisa meningkatkan resiko seseorang mengembangkan keinginan untuk bunuh diri. Mereka juga yang tengah menderita gangguan tidur seperti insomnia dan apnea tidur obstruktif juga memiliki tingkat depresi yang tinggi. Sumber 6.

Tingkat orang-orang yang mengalami depresi semakin meningkat dari tahun ke tahun, dan akan semakin parah ketika sampai di tahun 2030. Agar anda tidak termasuk ke dalam salah satu orang yang terkena, pastikan untuk mencegahnya dari sekarang dengan cara tidur yang cukup dan cara mencegah depresi lainnya.

8. Tidur Meningkatkan Fungsi Imunitas

Bahkan kekurangan tidur sedikit saja bisa berefek buruk terhadap fungsi imunitas anda. Mereka yang tidur kurang dari 7 jam per hari lebih mungkin terkena flu 3 kali lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidur 8 jam atau lebih setiap malamnya.

Jika anda selalu terkena flu dari waktu ke waktu, cobalah untuk meningkatkan tidur anda hingga 8 jam terlebih dahulu sebelum buru-buru mengobatinya dengan obat-obatan yang penuh dengan bahan kimia. Pastikan juga ditambah dengan bawang putih untuk memastikan fungsi sistem kekebalan tubuh sampai pada kondisi optimal.

Inilah alasan kenapa anda akan gampang terserang penyakit jika tidak cukup tidur setiap malamnya. Selain itu, sistem kekebalan tubuh anda akan berfungsi pada tingkatan maksimal ketika anda tengah tidur. Tubuh anda pun akan mulai menyembuhkan dirinya sendiri jika anda memiliki luka atau penyakit.

9. Kurang Tidur Penyebab Peradangan

Kekurangan tidur dikenal mampu mengaktifkan penanda peradangan dan merusak sel-sel. Bahkan peradangan tersebut bisa menyerang saluran pencernaan anda dalam jangka panjang, yang mana dikenal dengan sebutan sindrom iritasi usus besar.

Sebuah penelitian mengamati bahwa para penderita penyakit Crohn yang kurang tidur dua kali lebih mungkin penyakitnya kambuh dibandingkan dengan pasien yang tidur cukup di malam hari. Sumber 7.

Selain itu, peradangan sendiri telah dikaitkan dengan berbagai macam penyakit mengerikan termasuk kanker dan penyakit jantung. Parahnya, semakin banyak orang di zaman sekarang yang memiliki aktivitas lebih banyak dibadingkan dengan jam istirahatnya, sehingga akan berdampak pada waktu tidur mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *