kuliah online

Tips Mengikuti Kuliah Online di Masa Pandemi

Sudah setahun lebih Pandemi tidak kunjung berakhir, banyak hal yang berubah sejak awal Pandemi ini menyerang. Hal pertama yang berubah adalah cara kita dalam bersosialisasi di masyarakat. Kita tidak bisa lagi berkumpul seperti pada waktu waktu yang lalu, kita diharuskan untuk menjaga jarak dan melakukan sosial distancing.

Hal kedua yang berubah adalah cara kita dalam melakukan pekerjaan ataupun aktivitas belajar mengajar. Dalam dunia pekerjaan, dikenal dengan istilah work from home (WFH) dan work from office WFO. Sedangkan dalam dunia pendidikan, juga ada hal yang serupa yaitu belajar secara Daring dan luring.

Tips Kuliah di Masa Pandemi

Jika kamu adalah seorang mahasiswa atau pelajar, tentunya proses belajar online ataupun kuliah online di masa Pandemi ini menimbulkan perubahan yang sangat signifikan dari dengan cara kamu belajar.

Jika pada masa sebelum Pandemi kamu harus datang ke sekolah kemudian mendengarkan guru secara langsung, maka saat ini kamu lebih sering untuk belajar secara online menggunakan Zoom atau Google classroom.

Proses belajar pun berbeda dengan masa masa yang lalu dulu kamu bisa mendengarkan guru atau dosen secara langsung bertanya jika ada kesulitan pakainya dengan tatap muka secara langsung.

Selain Zoom, Google Classroom, ada beberapa universitas yang sudah memiliki sistem kuliah online yang dibuat khusus untuk mahasiswa universitasnya masing-masing. Salah satunya adalah Online Learning yang dimiliki UHAMKA. UHAMKA memiliki sistem perkuliahan online yang canggih untuk membantu proses belajar mahasiswanya.

Saat ini, dengan menggunakan metode belajar online kamu bisa melakukan pembelajaran seperti biasa. Tetapi tidak bisa semudah proses pengajaran secara konvensional karena sekarang menggunakan teknologi yang tidak semua orang bisa menguasainya. Meskipun demikian, kita harus berusaha untuk menguasai teknologi tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengikuti kuliah online di masa Pandemi

Belajar Daring bukan Berarti Liburan

Ada yang harus ditekankan ke dalam alam bawah sadar kita bahwa belajar Daring bukanlah liburan. Belajar Daring berarti kita tetap bersekolah di dalam jaringan meskipun kita tetap melakukannya di rumah.

Tantangannya adalah, kita menjadi tidak bisa atau kesulitan fokus untuk belajar di rumah. Hal ini karena ketika kita belajar di rumah maka kita akan belajar sendirian tanpa melihat teman teman kita di sekitar kita. Hal ini juga akan mempengaruhi pisikologis kita bahwa seakan-akan akan kita sendirian, Padahal tidak seperti itu teman teman kita di rumahnya masing masing juga sama sama belajar dan mengikuti kuliah secara Daring.

Tantangan yang lain adalah ketika kita di rumah kita diharuskan untuk melakukan pekerjaan rumah, seperti halnya memasak mencuci dan menjemur pakaian. Dengan adanya tugas tugas seperti itu, kita harus bisa membagi waktu jadwal kuliah dengan jadwal melakukan pekerjaan rumah.

Mencatat dan membuat Reminder jadwal kuliah

Salah satu masalah ketika melakukan perkuliahan secara Daring adalah kita seringkali lupa dengan jadwal kuliah kita sendiri. Oleh karena itu kita harus mencatat jadwal kuliah kita agar tidak lupa ketika proses meeting dimulai.

Kita bisa juga memanfaatkan teknologi untuk membantu kita mengingatkan jadwal kuliah. Di smart phone kita ada fitur yang namanya reminder, dengan menggunakan fitur tersebut kita bisa mencatat jadwal kuliah kita kemudian aplikasi di hp yang akan mengingatkan kita ketika jadwal kuliah segera dimulai.

Dengan cara ini, kita tidak perlu kuatir ketinggalan jadwal kuliah.

Membuat Ruang Belajar yang Nyaman

salah satu tips lainnya untuk bisa belajar Daring secara nyaman adalah mempersiapkan lokasi belajar yang nyaman.

Ada orang tidak nyaman belajar di kamarnya sendiri karena mungkin kamarnya berantakan. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa merapikan kamar kemudian menatanya sedemikian hingga sehingga kamu merasa nyaman belajar di kamarmu sendiri.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan tempat tempat lain di rumah untuk belajar, misalnya di depan rumah atau di belakang rumah yang penting ada tempat yg memadai untuk belajar dan kamu nyaman di sana. Yang penting di tempat tersebut sinyal atau wifi nya aman.

Jangan Menunda Mengerjakan Tugas

Salah satu tantangan terbesar ketika belajar secara Daring adalah kita menjadi sulit untuk membagi waktu kita.

Seringkali kita terlena sehingga lebih sering bermain game daripada belajar. Kita juga menjadi malas untuk mengerjakan tugas kuliah. Hal inilah yang perlu kamu Sadari sehingga bisa membagi waktu dengan baik.

Ingatlah, meskipun kamu di rumah kamu adalah seorang mahasiswa yang memiliki kewajiban untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah agar nilai yang kamu peroleh menjadi baik.

Demikian tips ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *