Waspada Penyelewengan Dana dengan Memilih Lembaga Terpercaya Seperti Donasi UNICEF

Kasus dugaan penyelewengan dana donasi yang dilakukan sebuah lembaga yang baru-baru ini terjadi berdampak pada berbagai pihak. Sebut saja masyarakat yang meragukan kredibilitas pihak-pihak yang mengadakan penggalangan dana. Sementara lembaga yang sebenarnya punya reputasi bagus dan menyelenggarakan kampanye seperti donasi UNICEF harus meyakinkan donatur kalau mereka bersih dari tindak kejahatan.

Masyarakat diimbau berhati-hati

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah menghimbau masyarakat agar semakin bijak sebelum mereka berdonasi untuk mencegah kejadian serupa. Dalam hal ini, Kepala Pusat PPATK Ivan Yustiavandana menegaskan, masyarakat harus cermat saat memperhatikan platform donasi yang dipilih, baik yang dilakukan secara langsung atau daring.

Bukan hanya itu, masyarakat dapat melaporkan dugaan penyelewengan dana yang dilakukan lembaga bersangkutan. Tentu saja dalam tahap ini, Anda harus mengumpulkan bukti-bukti yang dibutuhkan dan menguatkan sebelum disampaikan ke pihak-pihak berwenang seperti Penyedia Jasa Keuangan (PJK).

Ivan menambahkan, ada sejumlah modus yang dapat dikenali dalam penyelewengan dana donasi. Misalnya pengumpulan sumbangan yang menggunakan kotak amal di minimarket atau toko sejenis tanpa identitas jelas. Transparansi yang minim juga menjadi tanda yang sebaiknya diwaspadai, sebab oknum melakukannya agar tindak kejahatannya sulit terendus.

Teliti sebelum mengikuti penggalangan dana

Bukan hanya dari pihak lembaga, masyarakat yang kurang cermat saat berdonasi menyebabkan penyelewengan dana sulit dikendalikan. Maka dari itu, Anda tak boleh lengah saat menemukan kampanye membantu sesama, terutama dari lembaga yang belum dikenal. Risiko kejahatan dari pihak ternama saja masih ada, apalagi dari pihak-pihak yang kredibilitasnya diragukan.

Salah satu cara termudah yang dapat dilakukan untuk mengecek reputasi lembaga atau komunitas adalah lewat database Kementerian Sosial. Kemudian, cari informasi seputar lembaga bersangkutan di kanal-kanal seperti media sosial, website, dan platform publikasi lainnya.

Pengecekan silang adalah langkah lain yang tidak boleh disepelekan. Dari sini, Anda dapat mengetahui apakah pihak yang melaksanakan donasi anak Indonesia, pendidikan, atau bencana alam berasal dari pihak kompeten dan berpengalaman dalam menggalang dana masyarakat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *